Album

Kamis, 09 Agustus 2012

SMART FASTING

PUASA : cara Alami dan Sehat untuk Detoksifikasi

Menjalankan ibadah puasa tak hanya bertujuan melatih kekuatan iman. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, khususnya pencernaan

Saat berpuasa selama lebih dari 12 jam kita tidak makan dan minum. Tindakan ini tidak sama dengan menyengsarakan tubuh. Justru sebaliknya, kita " menolong " tubuh dengan memberikan waktu beristirahat bagi pencernaan.
Dengan berpuasa, pola makan kita menjadi lebih teratur, yaitu di pagi hari saat sahur dan sore saat buka..sambil diselingi kudapan saat malam. Meski begitu, proses metabolisme tetap berjalan dengan normal, sehingga kita tidak merasa lemas atau sakit.

Manfaat lain dari berpuasa adalah turut membantu membuang toksin yang tertimbun dalam tubuh. Proses ini disebut detoksifikasi. Sisa makanan yang telah lama mengendap dikeluarkan dan diganti dengan asupan yang baru. Selama berpuasa, kita tidak hanya menahan diri untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Melainkan, menahan diri untuk tidak menuruti keinginan makan semu seperti "lapar Mata", yang biasanya dilanjutkan dengan  melahap makanan berkalori atau bergula dan berkolestrol tinggi. Dengan kata lain aktivitas puasa membantu kita menjaga berat badan tubuh tetap normal, asalkan kita tidak makan berlebihan selama berbuka.

Puasa Juga turut membantu menjaga kadar kolestrol di dalam tubuh tetap pada kadar normal. hal ini berkontribusi dalam mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, yang sering menjadi penyebab timbulnya serangan jantung dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar