Album

Kamis, 09 Agustus 2012

SAHUR = SARAPAN, Waktu Makan Paling Penting

Asupan gizi yang baik selama berpuasa akan sangat membantu menjaga tubuh kita teteap segar sepanjang hari

Dengan mempertimbangkan laju metabolisme tubuh, jelaslah bahwa bersantap sahur merupakan kegiatan yang sangat penting agar dapat menjaga stamina kita selama berpuasa. Karena itu, para ahli menyarankan kita untuk menyantap makanan yang bersifat " slow release " atau lepas lambat di saat sahur

Untuk itu, pilihlah jenis karbohidrat dengan Indeks Glisemik ( IG ) yang rendah. Sebagai informasi, IG adalah perbandingan kecepatan penyerapan 50 gram karbohidrat dari makanan, dengan 50 gram glukosa atau 50 gram karbohidrat dari roti tawar. Sayangnya, nilai IG makanan tak tercantum dalam label kemasannya. Namun sebagai pedoman umum, IG untuk makanan karbohidrat rendah hingga sedang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Mengandung serat makanan tinggi. Contohnya sayuran, nasi merah, havermut / oat, dan roti gandum utuh ( wholegrain )
2. Dimasak dengan proses yang tidak terlalu lama ( tidak overcooked ). Contohnya mi atau pasta yang dimasak tidak terlalu matang.
3. Berupa makanan dalam bentuk utuh. Contohnya sayuran dan buah-buahan segar yang dimakan langsung tanpa proses pelumatan lebih rendah IG-nya dibandingkan dengan sayur dan buah dalam bentuk jus.

Karbohidrat dengan IG rendah membuat tubuh dapat secara perlahan terus mendapat energi yang diperlukan otak dan sel tubuh lainnya agar optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar