Album

Selasa, 07 Agustus 2012

Kue kismis

Resep Kue: Kue Kismis

Resep Kue: Kue Kismis
Untuk memenuhi rasa lapar si kecil yang makin aktif bergerak, coba saja buat kue kering ini. Adonannya memakai susu sehingga rasanya bukan hanya gurih tetapi juga renyah. Tambahan buah kering akan memberi pasokan mineral buat aktivitasnya.

Bahan:
150 g mentega
75 g gula bubuk
1 sdm susu cair
1/2 sdt esens vanili
100 g kismis dan sukade atau ceri
Ayak jadi satu:
210 g tepung terigu
1 sdm susu bubuk
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue

Cara membuat:
  • Kocok mentega, gula, susu dan vanili hingga lembut.
  • Tambahkan campuran terigu,aduk rata.
  • Masukkan manisan buah, aduk rata.
  • Bentuk tiap 50 g adonan menjadi bulat pipih.
  • Susun di loyang datar. Panggang dalam oven panas 180 C selama 25 menit.
  • Angkat dan dinginkan.
Untuk 10 buah


Resep Kue Sus


Membuat kue sus sebenarnya termasuk kategori gampang, cuma perlu extra hati2 dan harus mengikuti petunjuk supaya pembuatan rotinya bisa sukses dalam arti kata tidak bantat atau malah tidak mau ngembang. Baca juga tips2 di bagian bawah ya....
Bahan Kulit:
125 g margarin
125 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru
4 butir telur ayam
250 ml air
¼ sdt baking powder
½ sdt garam halus
Bahan Vla:
300 ml susu tawar cair
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
75 g gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
¼ sdr pasta vanili
1 sdm rum
¼ sdt garam
Cara Membuat:
  1. Kulit: Didihkan air, margarine dan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental, licin, kalis tidak lengket di panci. Angkat.
  2. Setelah adonan hangat suam suam kuku, masukan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
  3. Tuang adonan ke dalam plastic segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan adonan di atas loyang beroles margarin.
  4. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200oC hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  5. Potong sisi kue, isi dalamnya dengan vla. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
  6. Vla: Larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan susu tawar cair. Masak hingga mendidih, mengental dan matang. Angkat. Selagi panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan rum. Aduk rata. Dinginkan. Vla siap digunakan.
Untuk 15 Buah
Tip: Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Akibatnya adonan tidak akan mengembang karena telur menjadi matang. Masukan telur ketika adonan sudah suam-suam kuku.
Jangan membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. Perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan menyebabkan adonan turun dan bantat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar